Abstrak
Konsep Garden City yang dikemukakan Howard merupakan sebuah konsep perencanaan kota yang sangat berpengaruh pada perkembangan teori perencanaan kota selanjutnya. Konsep ini dikemukakan dalam diagram dengan desain yang berbentuk konsentris dan menawarkan masyarakat baru yang berbasis pada “kota dan desa”. Garden City merupakan asal mula dari kemunculan konsep kota berkelanjutan karena desain Garden City memiliki elemen-elemen yang mendukung keberlanjutan kota. Aspek lingkungan dan humanity menjadi pedoman dalam desin Garden City. Dua aspek ini juga yang mendukung keberlanjutan dari sebuah kota guna mencapai kota yang ramah bagi warga dan lingkungan untuk generasi mendatang.
Kata kunci : garden city, ,kota berkelanjutan, generasi mendatang.

Abstract
The Garden City concept, explained by Howard, is a city planning concept which is very influential with the developing theory of the next city palnning. This concept is explained in concentric designed diagram and offered new society that is based on “town and country”. Sustainable urban concept is originally come from Garden City, Garden City concept has elements that support the sustainable urban development. Environmental and humanity aspects become the reference for Garden City design. These 2 aspect also support the sustainable city to become one friendly city for the next generation of society and environment.
Keywords : garden city, sustainable, future generation

---------------------------------------------------------------------------------------

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pada abad ke 20, para perencana kota mencoba untuk menciptakan sebuah kota yang ideal untuk menjawab masalah-masalah yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan perkembangan teknologi dan munculnya revolusi industri. Sir Ebenezer Howard adalah salah satu tokoh yang mencoba menciptakan sebuah konsep kota baru. Konsep tersebut tertuang dalam bukunya yang berjudul Garden Cities of Tomorrow pada tahun 1902.
Di dalam buku ini, Howard banyak mengemukakan idenya mengenai sebuah kota baru yang mengintegrasikan kota dan desa yang selanjutnya ia sebut Garden City. Buku Garden City of Tomorrow telah banyak memberikan inspirasi kepada para perencana kota di seluruh dunia dan menjadi pedoman bagi pergerakan perencanaan kota modern. Di Indonesia, konsep garden city ini juga menjadi pedoman bagi banyak perencanaan kota.
Di abad ke 21 ini, ketika teknologi semakin maju dan populasi manusia semakin padat, masalah lingkungan juga semakin kompleks. Penebangan liar yang marak terjadi dimana-mana dan tingkat polusi udara di berbagai Negara yang semakin meningkat merupakan salah satu yang menyebabkan kondisi lingkungan semakin buruk. Lapisan ozon yang semakin tipis dan kadar CO2 yang terus meningkat menyebabkan kondisi lingkungan yang menjadi lebih panas setiap tahunnya. Isu global warming menjadi marak diangkat dalam berbagi event yang berkaitan dengan linkungan.
Kemudian, untuk menjawab permasalahan lingkungan di atas, konsep mengenai kota berkelanjutan muncul. Konsep berkelanjutan ini mengutamakan suatu kontinuitas kualitas lingkungan yang lebih baik untuk masa depan, di antaranya dengan mengembalikan keberadaan ruang terbuka hijau yang dirasakan sudah sangat kurang, terutama di kota-kota besar. Sebagai contoh, ruang terbuka hijau yang masih tersedia di Jakarta hanya hanya 13.94% dari total luas wilayah Jakarta yaitu 750 km2. Ruang terbuka hijau yang seharusnya ada di Jakarta adalah 30%.
Lalu, bagaimana hubungan/relevansi antara konsep garden city dengan prinsip kota berkelanjutan saat ini? Apakah konsep garden city sebagai penyelesaian masalah lingkungan pada abad 20 dapat menjawab tantangan masalah lingkungan pada abad 21 ini? Untuk mencari relevansinya, latar belakang kemunculan garden city dan kota berkelanjutan harus ditelaah lebih jauh.


---------------------------------------------------------------------------------------

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Prinsip Desain Garden City
Garden City adalah konsep kota impian yang dicetuskan oleh Ebenezer Howard. Terminologi dari garden city adalah dasar estetik Howard dalam melakukan reformasi sosial. Ia memberikan perhatian penuh kepada isu sosial yang sedang berkembang dimasyarakat sehingga ia berusaha untuk menerapkanpemikiran praktisnya dengan menyatukan berbagaimacam elemen konsep dan proyek, menyaring teori danfilosofi sampai menjadi sebuah masterplan. Perpaduan yang dilakukannya adalah menyatukan antara reformasisosial kota kumuh dan integrasi alami yang menjadi dasar dari perencanaannya.
Howard membuat ilustrasi mengenai pernyataan dengan beberapa diagram. Diagram yang pertama adalah diagram tiga magnet (Gambar 1) Magnet yang pertama adalah sebuah kota dan magnet yang kedua adalah sebuah pedesaan. Howard menganalisa keuntungan dan dan kerugian dari dua magnet tersebut dan memunculkan magnet ketiga yang merupakan gabungan dari keuntungan kota dan pedesaan secara ekonomi dan social. Magnet ketiga berfungsi sebagai sebuah komunitas baru yang memiliki standard gaji yang cukup tinggi, harga sewa rumah yang rendah, keindahan alam, kondisi rumah yang baik beserta tamannya dan juga adanya suatu kebebasan dan sifat kooperatif (kerja sama). Tujuan dari tiga magnet ini adalah menciptakan keterpaduan dan keseimbangan kota dan desa dengan masing-masing tetap mempertahankan identitasnya yang khas. Howard menyebut magnet ketiga ini sebagai garden city karena garden city merupakan senyawa dari desa dan kota seperti yang diungkapkan Howard “Town and Country must be married, and out of this joyous union will spring a new hope, a new life, a new civilization”
Diagram kedua menggambarkan mengenai bentuk dari garden city (gambar 2). Setiap garden city merupakan bagian yang dibentuk seperti circular pie yang memiliki pusat kota. Pusat kota yang disebut central park ini terdiri dari taman seluas 59 ha yang dikelilingi oleh town hall, museum, teater, rumah sakit, perpustakaan, dan lecture hall. Di central park juga terdapat crystal palace yang merupakan tempat yang menjadi pusat penjualan dan distribusi barang. Hal ini merupakan salah satu bentuk pertentangan dengan ide Bellamy yang membuat satu pasar swalayan besar sebagai pusatnya. Howard mengusulkan untuk menyeimbangkan antara individualism dan pemusatan. Howard mengusulkan bahwa akan ada banyak took-toko tetapi hanya satu took untuk satu kategori barang. Satu garden city ini memiliki populasi maksimal sebanyak 32000 orang.




Circular pie terbagi menjadi 6 bagian atau yang disebut Howard sebagai ward (gambar 3) setiap ward ini memiliki populasi 5000 orang. Unit dasar yang berada di ward ini adalah kehidupan keluarga yang memiliki rumah dikelilingi oleh taman. Pola pemukiman yang terbentuk adalah pola terpusat (centralized). Taman dan area public yang membentuk pusat pemukiman disebut dengan grand city ini. Di tengah grand avenue ini merupakan institusi yang paling penting yaitu sekolah. Sekolah ini dapat berfungsi sebagai tempat bertemu atau bahkan sebagai tempat ibadah. Dari segi transportasi, untuk satu ward Howard membuat jarak tempuh dari hunian dan fasilitas berdasarkan pada jarak orang berjalan kaki. Prinsip ini menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman bagi penghuni karena mudah dicapai. Prinsip utama lainnya dari garden city adalah agricultural belt yang berfungsi untuk menyediakan kebutuhan pangan ini bertujuan untuk mencapai swasembada pangan bagi garden city. Agricultural belt ini juga berfungsi untuk member batasan kota yang jelas guna mencegah terjadinya penyebaran kota. Garden city merupakan salah satu bentuk pencegahan urbansprawl karena tujuan garden city adalah membuat masyarakat beraktifitas hanya di suatu area saja yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang sehingga tidak mencari area lain untuk ditinggali.
Diagram keempat ini menggambarkan pertumbuhan dari garden city. bila populasi garden city sudah mencapai 32000 orang, akan dibentuk lagi garden city berikutnya dan begitu seterusnya sampai terbentuk social city yang memiliki centre city sebagai pusatnya. Jika hal ini terjadi, semua garden city ini dan pusat kota akan dihubungkan dengan jalan dan jalur kereta api untuk memudahkan akses para penghuni untuk berpindah tempat (gambar 4) Howard menciptakan system ini agar hubungan antar kota dan area pertumbuhan di sekitarnya dapat bersinergi dan berintegrasi dengan baik.
Howard menggunakan diagram untuk mengkomunikasikan idenya agar mudah dimengerti dan dapat disesuaikan pada saat penerapan pada lokasinya. Keseluruhan konsep yang dikemukakan oleh Howard merupakan terobosan baru dalam perencanaan kota pada waktu itu sehingga penerapannya pun segera dilakukan.

Konsep garden city pertama kali diterapkan di kota Letchworth yang terletak di Hertfordshire, Inggris pada tahun 1930. Letchworth Garden City memiliki luas 1700 ha dengan populasi sekitar 60.000 orang. Prinsip – prinsip Howard diterapkan secara murni di dalam Letchworth Garden ini. Pembangunan antara desa dan kota menjadi prinspi utama seperti apa yang ada di diagram tiga magnet milik Howard. Rencana dari Letchworth Garden City ini didasarkan pada prinsip tata guna lahan yang spesifik antara residensial, fasilitas umum, dan pendukung lainnya dan juga adanya agricultural belt.

Setelah di Letchworth, konsep garden city ini diterapkan pada kota London di daerah Welwyn yang selanjutnya disebut sebagai Welwyn Garden City. wlwyn Garden City (gambar. 6) didesain setelah Perang Dunia I pada tahun 1920. Prinsip – prinsip yang diterapkan di Welwyn Garden City masih murni adaptasi dari diagram Howard. Luas dari Welwyn Garden City adalah 1375 acre (625 ha) dengan populasi 40.000 orang dengan 3500 orang yang menghuni pemukiman di agriculture belt.
Elemen-element Letchworth dan Welwyn Garden City sebagai sebuah penerapan Garden city yaitu :
1. Dilewati oleh jalur kereta api yang mendukung kegiatan pengiriman barang dan juga sebagai jalur transportasi warga dari dan ke Welwyn.
2. Welwyn Garden City dikelilingi oleh agriculturel belt guna memenuhi kebutuhan pangan dari warganya dan mencapai swasembada pangan seperti prinsip ideology dari Garden City.
3. Terdapat town centre dan taman yang terletak di bagian tengah dari Welwyn Garden City yang berfungsi sebagai pusat kegiatan masyarakat.
4. Di beberapa bagian dari pemukiman, terdapat sekolah yang merupakan institusi terpenting di tiap bagiannya.
5. Pabrik dan kegiatan industry diletakkan di dekat area pinggiran kota tetapi dekat dengan stasiun kereta untuk mempermudah perpindahan barang. Pabrik dan industri ini juga dimaksudkan untuk mencapai swasembada industri agar menjadi kota yang mandiri.
Untuk area pemukiman, rumah-rumah yang ada merupakan rumah tunggal dan rumah gandeng. Mayoritas yang digunakan merupakan rumah tunggal. Untuk pola jalan di area pemukiman, welwyn Garden City menerapkan pola jalan kuldesak (gambar. 7). Keuntungan dari penggunaan jalan kuldesak ini antara lain :
 Menciptakan kondisi yang lebih aman bagi anak-anak ruang gerak bagi kendaraan sempit.
 Menciptakan interaksi antar warga
 Menyediakan identitas lokal bagi warga sekitar
 Memaksimalkan penggunaan lahan
Selain keuntungan, kerugian dari penggunaan pola jalan kuldesak adalah menyulitkan bagi pengguna kendaraan dan terkadang menyebabkan jarak tempuh yang jauh bagi pengguna jalan.
Lebar jalan utama di Welwyn Garden City sekitar 6 m dan jalan sekundernya sekitar 3,5 m. lebar jalan ini termasuk sempit karena pada saat itu penggunaan sarana transportasi khususnya mobil masih sangat minim. Pada perkembangan selanjutnya, pola jalan kuldesak dan lebar jalan di Welwyn Garden City tidak sesuai lagi diterapkan karena penggunaan mobil sebagai sarana transportasi semakin intens.
Selain penggunaan pola jalan kuldesak di area pemukiman, dari gambar. 7 tersebut dapat dilihat bahwa tiap KDB (koefisien dasar bangunan) untuk tiap rumahnya sangat kecil hanya sekitar 30 %. Hal ini membuat banyak ruang sisa khususnya di belakang rumah yang digunakan sebagai taman dan setiap unit rumah didesain untuk memiliki taman sendiri yang mendukung keberlangsungan ekolgi.
Penggunaan kontur dan lanskap sangat dimaksimalkan dalam rangka menyesuaikan dengan kondisi alam sehingga karakter khas pedesaan sangat terasa di Welwyn Garden City (Gambar. 8) rerumputan yang melayout jalan, penggunaan tree lines street dan taman-taman kota mendukung aspek ekologi dan membantu mengurangi polusi udara yang merupakan suasana gabungan antara kota dan desa yang dikemukakan oleh Howard.

Sampai pada saat ini, desain garden city di Letchworth Garden City masih tetap dipertahankan untuk menjaga karakter dan sejarah yang didesain 100 tahun yang lalu. Pengambilan foto Letchworth Garden City pada tahun 2005 (gambar 9) ini menunjukkan kondisi yang masih tetap memperlihatkan karakter garden city.

2.2. Pembangunan Kota yang Berkelanjutan
pada pertengahan abad 20 mulai muncul pergerakan yang mengangangkat isu-isu lingkungan. Hal ini dimulai dari publikasi sebuah buku berjudul silent Spring karangan Rachel Carson pada tahun 1962. Buku ini memulai pergerakan yang berhubungan dengan lingkungan. Buku ini bercerita mengenai penggunaan bahan kimia seperti pestisida, fungisida, dan herbisida yang berdampak negatife pada makhluk hidup.
Masyarakat modern mulai dihadapkan pada krisis lingkungan sejak tahun 1970an. Ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang bertujuan menaklukan alam demi kepentingan manusia telah menyebakan kerusakan lingkungan dimana-mana. Sebagai kritik terhadap cara berpikir masyarakat modern yang menimbulkan krisis lingkungan hidup, timbul pemikiran mengenai cara pembangunan yang baru, yaitu pembangunan berkelanjutan.
Isu lingkungan semakin berkembang sampai pada saat ini dan sampai pada sebuah pernyataan bahwa untuk mengatasi masalah lingkungan global dibutuhkan sebuah program dan kebijakan yang mengarah pada pembangunan berkelanjutan. Menurut World Commission on Environment and Development 1987, pembangunan berkelanjutan didefinisikan sebagai berikut :
“Suistainable Development is development that meets the needs of the present generation without compromising the ability of future generation to meet their own needs”
Dalam definisi ini, pembangunan berkelanjutan mengandung 3 kata kunci yaitu development, needs, dan future generations (pembangunan, kebutuhan, dan generasi penerus).
Menurut Blowers 1993, pembangunan merupakan konsep kualitatif yang akan berkaitan dengan perkembangan yang mencakup aspek sosial, budaya, dan ekonomi sedangkan kebutuhan mencakup kualitas hidup yang baik. Kunci ketiga mengingatkan kita bahwa kita memiliki tugas untuk tetap menjaga dan melestarikan bumi untuk kebutuhan generasi penerus.
Elkin di dalam bukunya yang berjudul Reviving the City (1991) mengemukakan empat aspek dari pembangunan berkelanjutan yaitu masa depan, limgkungan, persamaan, dan partisipasi. Aspek masa depan mengandung arti bahwa kegiatan manusia harus dibatasi agar tidak sampai mengeksploitasikan alam secara besar-besaran. Aspek lingkungan mengedepankan mengenai isu lingkungan yang harus menjadi sasaran utama. Aspek persamaan dan partisipasi melibatkan seluruh pihak untuk dapat sadar dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Aspek – aspek inilah yang membuat pembangunan berkelanjutan menjadi isu dalam berbagai aspek kehidupan.
Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan ini membuat pembangunan berkelanjutan menjadi prinsip baru dalam dunia politik, ekonomi, dan juga dalam perencanaan urban. Menurut Mr. Boutros Boutros Ghali sebagai sekertaris umum dari United Nations Human Settlements Programme, “Sustainable urbvan development is the biggest challenge for humanity in the 21st century”. Hal ini menunjukkan bahwa isu pembangunan berkelanjutan merupakan sebuah tantangan bagi masyarakat masa kini guna mengantisipasi masalah lingkungan dan global warming.
Pembangunan berkelanjutan memiliki hubungan yang erat dengan perencanaan urban. Dasar dari perencanaan urban adalah keberlanjutan. Kedua hal ini menjadi saling mendukung karena perencanaan urban merupakan suatu media untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan pembangunan berkelanjutan mendefinisikan sebuah fungsi bagi perencanaan urban agar perencanaan urban tidak hanya berfungsi sebagai estetika saja.
Dasar lain dari perencanaan urban adalah kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat sekarang dihadapkan pada krisis lingkungan yang akan memberikan dampak pada perencanaan urban. Oleh karena itu muncul suatu gerakan pembangunan kota berkelanjutan yang menjadi jawaban untuk isu lingkungan yang marak dibicarakan sekarang.
Kita sebagai suatu komunitas bagi masyarakat memiliki arti penting dalam pembangunan berkelanjutan. Ibaratnya adalah kota sekarang ini bagaikan air di dalam sebuah bak yang perlahan – lahan habis karena penutup baknya dibuka. Ada dua cara untuk tetap menjaga air tersebut tetap berada di dalam bak yaitu dengan menutup penutup bak atau membuka keran air agar air tetap terisi. Menjaga keberadaan air di bak dan menjaga air dalam suhu yang tetap konstan adalah sebuah arti keberlanjutan bagi kota. Jadi pembangunan berkelanjutan seperti sebuah sarana bagi masyarakat kota untuk dapat menjaga keberlangsungan hidup sebuah kota.
Konsep kota berkelanjutan adalah turunan dari konsep pembangunan berkelanjutan untuk tataran kota. Kota, infrastruktur, dan penghuninya adalah suatu system yang kompleks sehingga penerapan dari kota berkelanjutan akan bergantung pada konteks dimana konsep tersebut diterapkan. Untuk memahami mengenai kota berkelanjutan, hal pertama yang diperhatikan adalah lingkungan hidup dan kota sebagai konteksnya. Setelah itu, yang perlu dilihat adalah kota berkelanjutan bukan sebuah konsep yang murni melainkan memahami bahwa kota adalah sebuah open ecosystem yang akan tergantung pada pergerakan dari dank e dalam kota itu sendiri sehingga kota berkelanjutan akan berkaitan dengan aspek secara humanity dan ekologi
Prinsip dari sebuah kota berkelanjutan adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperhatikan keberlangsungan dari ekosistem global. Untuk dapat mencapai prinsip tersebut, ada dua komponen fisik terpenting yang digunakan yaitu aspek transportasi dan aspek ekologi. Kedua hal inilah yang diorganisir sebagai kunci pembentukan struktur kota yang berbasis pada pembangunan kota berkelanjutan.
Sistem transportasi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena transportasi yang menjadi cirri dari kebudayaan kota besar sekarang telah memberikan dampak yang signifikan terhadap masalah lingkungan dan urban. Transportasi telah menjadi sebuah media yang mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat. Transportasi menjadi aspek yang memiliki porsi besar untuk menjadi bagian yang diperhitungkan dalam merencanakan kota. Selain itu, transportasi juga memberikan dampak besar bagi lingkungan seperti polusi udara, energi dan kemacetan lalu lintas yang memberikan pengaruh besar pada kualitas hidup masyarakat.
Ada 4 prinsip perencanaan untuk mencapai transportasi kota berkelanjutan yaitu :
1. Struktur kota harus dapat mengurangi kebutuhan untuk bepergian dengan kendaraan
2. Struktur kota harus dapat memaksimalkan potensi untuk berjalan kaki dan bersepeda
3. Struktur kota harus didesain untuk dapat memberikan prioritas utama terhadap transportasi umum dibandingkan dengan transportasi pribadi
4. Struktur kota didesain untuk memaksimalkan perpindahan barang melalui jalur air dan kereta api dibandingkan dengan menggunakan jalur darat.
Selain itu, prinsip ekologi ini sebagai media untuk dapat menciptakan kondisi ramah lingkungan sebagai respon terhadap masalah-masalah lingkungan yang menjadi isu saat ini. Aspek fisik ini yaitu transportasi dan ekologi menjadi acuan untuk membentuk elemen – elemen kota yang terbagi dalam membentuk city form, city quarter, dan urban street blocks.
City form merupakan elemen menentukan bagaimana bentuk dari sebuah kota akan mempengaruhi kinerja dari kota itu sendiri. Menurut Frey (2004), pada saat ini ada tiga model kota berkelanjutan, yaitu compact city, decentralized, dan short cycles city. compact city merupakan sebuah model kota padat yang berarti kota yang wilayahnya tidak meluas. Perkembangan kota yang decentralized concentration memunculkan pusat – pusat fasilitas di dalam kota. Sedangkan short cycles city merupakan gabungan dari dua model sebelumnya yaitu padat yang didesentralisasi.
Penggunaan dari tiga tipe city form ini akan tergantung pada factor – factor intern ataupun ekstern dari lokasi dimana kota tersebut berada. Setiap tipe dari city form akan memiliki peran yang penting untuk mencapai kota berkelanjutan dalam kaitannya dengan aspek sistem transportasi dan strategi ekologikal.
Partisipasi masyarakat umum yang mempengaruhi lingkungan merupakan salah satu aspek dalam kota berkelanjutan. Untuk melibatkan masyarakat ini, skala yang paling cocok untuk dipakai adalah city quarter yang mencakup kawasan dan lingkungan tetangga. Menurut Moughtin (1992), dalam skala city quarter ini masyarakat akan memiliki peran yang besar karena merekalah yang mengalami dan mengerti mengenai masalah – masalah urban yang terjadi.
Setelah city quarter, elemen yang juga berpengaruh dalam urban street blocks. Urban street blocks merupakan suatu elemen dimana ada pengaturan mengenai perencanaan dan peletakan kapling, jalan dan tata guna lahan dalam hubungannya dengan aktifitas yang diakomodir. Perencanaan urban street blocks ini akan mempengaruhi kualitas dari lingkungan sekitar dan sistem transportasi yang merupakan media untuk mencapai kota berkelanjutan. Elemen – elemen kota tersebut menjadi sarana untuk dapat menganalisa mengenai kota berkelanjutan yang dihubungkan dengan dua komponen fisik yaitu aspek transportasi dan aspek ekologi.

---------------------------------------------------------------------------------------


BAB III
PEMBAHASAN

3.1. Pembangunan Kota yang Berkelanjutan
Garden city sebagai sebuah konsep dalam perencanaan urban memuat nilai – nilai yang berkaitan dengan kota berkelanjutan pada masa kini. Hal tersebut ditunjukkan dari prinsip Howard pada garden city yang ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memperhatikan aspek ekologi sebagai respon terhadap lingkungan alam. Desain garden city ditinjau dari elemen kota yang berkaitan dengan kota berkelanjutan adalah :
a. City form
City form yang digunakan oleh garden city adalah cenderung pada decentralized concentration. Penggunaan model ini menunjukkan bahwa ada sebuah pusat kota yang terletak di tengah – tengah dan area pendukung disekelilingnya. Pusat kota yang menjadi pusat interaksi masyarakat terdiri dari berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Pusat kota ini menjadi elemen penarik yang penting bagi area pendukungnya sehingga masyarakat dibuat untuk lebih cenderung tertarik ke dalam. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pemekaran kota (urban sprawl) seperti yang menjadi prinsip dari Howard juga. Pemekaran kota merupakan sebuah dampak yang mempengaruhi kota berkelanjutan karena jarak dan waktu tempuh semakin jauh. Terjadinya pemekaran kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah membuat adanya ketergantungan pada segi transportasi dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung transportasi tersebut semakin meningkat.
Dalam desain garden city, Howard menempatkan pusat kota dengan jarak sekitar 1 km atau 10 menit berjalan kaki. Hal ini memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses pusat kota sebagai pusat kegiatan mereka tanpa harus menggunakan kendaraan. Hal ini merupakan sebuah indicator dalam kota berkelanjutan yaitu prinsip untuk mengurangi ketergantungan pada transportasi dan memaksimalkan potensi untuk dapat berjalan kaki.


b. City quarter
Garden city dibagi menjadi enam ward yang merupakan elemen city quarter. Setiap ward ini memiliki potensi yang besar untuk mendukung proses kota berkelanjutan jika ward ini merupakan unit-unit yang mendukung keseluruhan system sebuah kota.
Setiap ward di garden city berisi pemukiman warga, taman, dan sekolah yang memiliki akses yang mudah untuk menuju town centre sebagai pusat kegiatan masyarakat. Howard membuat jarak tempuh di dalam ward ini berdasarkan pada jarak kenyamanan orang berjalan. Contohnya adalah jarak dari pemukiman warga ke sekolah sebagai inti dari ward ini adalah 500 m. untuk berpindah dari ward satu ke yang lain, Howard mengusulkan jarak tempuh sekitar 20-30 menit.
Pembentukan ward dan pengelompokan fasilitas bagi masyarakat ini membuat rasa kebersamaan antar warga menjadi meningkat karena mereka akan banyak berbagi kegiatan dan rempat seperti jalan, pedestrian, sekolah, pusat-pusat kegiatan. Hal ini menyangkut pada aspek humanity yang akan meningkatkan kualitas hidup dari masing – masing individu.
Howard mencoba membangun kualitas lingkungan pemukiman yang baik dengan menempatkan taman dalam setiap rumah. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan aspek ekologi yang menjadi sasaran kota berkelanjutan.
Kesadaran Howard untuk mengatur jarak tempuh dan tata guna lahan bertujuan meminimalisasi perpindahan warga. Perkembangan selanjutnya dari pengaturan jarak tempuh ini adalah konsep TOD (transit oriented development). Konsep TOD (gambar. 11) adalah konsep pengembangan kawasan berkepadatan tinggi dengan tata guna lahan campuran yang berorientasi pada titik – titik transit, yaitu lokasi di mana angkutan umum masal berhenti. Dalam paradigm ini, angkutan umum masal menjadi tulang punggung pergerakan manusia. Titik – titik transit angkutan umum menjadi titik awal dari pergerakan manusia untuk mencapai tujuan masing – masing. Penentuan zoning fungsi – fungsi ini didasarkan atas pergerakan setiap jenis fungsi dan jangkauan yang bias dicapai pejalan kaki (jangkauan yang nyaman ± 400 m).




Manfaat TOD dibagi dalam beberapa aspek yaitu aspek social – ekonomi, lingkungan dan transportasi.
Aspek social – ekonomi mencakup :
• Meningkatkan mobilitas dalam kawasan
• Kawasan yang lebih baik untuk tempat tinggal, bekerja dan bermain
• Meningkatkan kualitas hidup
• Menghemat biaya perjalanan
Aspek lingkungan mencakup :
• Pengurangan konsumsi energy, karena sebagian pergerakan berada di dalam kawasan dan tidak menggunakan kendaraan bermotor
• Pengurangan polusi udara
• Perbaikan kualitas udara
Aspek transportasi mencakup :
• Pengurangan kemacetan lalu lintas
• Menurunkan waktu perjalanan
Pemikiran Howard mengenai jarak tempuh yang selanjutnya berkembang menjadi konsep TOD ini merupakan satu elemen dalam menjawab kebutuhan sebuah kota berkelanjutan.

c. Urban street blocks
Jalan dan perempatan merupakan ornament penting dalam suatu kota. Di garden city, Howard menempatkan bangunan campuran di pusat kota yang mengelilingi sebuah taman besar. Lalu, ada jalan – jalan utama yang menhubungkan pusat kota dan setiap wardnya. Jalan – jalan ini direncanakan dengan konsep tree – lines street dan taman – taman agar didapat sebuah suasana hijau yang dapat meningkatkan aspek ekologi dan membantu mengurangi polusi udara.
Grand avenue yang ada di setiap ward membentuk blok utama dalam kawasan pemukiman warga. Blok utama inilah yang menjadi pusat dari pemukiman yang berisi fasilitas untuk menunjang kebutuhan warga pemukiman tersebut. Tata guna lahan yang direncanakan Howard mencerminkan adanya hirarki ruang yang dimulai dari skala pusat kota lalu menyebar ke skala perumahan warga.
Pengaturan tata guna lahan ini akan mempengaruhi dalam menciptakan sebuah lingkungan yang ramah bagi warga dan infrastruktur yang jelas. Hal ini akan berpengaruh pada pengaturan system transportasi untuk menunjang berbagai kegiatan yang ada di pusat kegiatan masyarakat dan pemukimannya.
--------------------------------------------------------------------------------------

BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
Konsep garden city yang dikemukakan oleh Howard pada abad 20 membawa pengaruh dan perubahan yang signifikan dalam perencanaan kota – kota di dunia. Konsep ini menjawab kebutuhan masyarakat akan kehidupan yang nyaman dan dapat berintegrasi dengan lingkungan alam. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa garden city sangat relevan dengan konsep kota berkelanjutan.
Garden city merupakan wujud kota berkelanjutan dari empat fisik berikut ini :
1. Livable streets and neighborhoods
Elemen ini menggabungkan adanya integrasi antara pepohonan, taman, ruang terbuka, udara yang bersih dari polusi.
2. Integrasi dari aktifitas masyarakat
Adanya integrasi dari aktifitas seperti bekerja, bermukim, berbelanja, kegiatan rekreasi dan rohani yang ditempatkan dalam zoning yang mudah diakses.
3. Batasan kota digunakan sebagai green belt
Batasan kota ini berfungsi untuk mencegah pemekaran kota.
4. Jarak tempuh dan fasilitas pendukungnya
Ide mengenai jarak tempuh dan pedestrian membuat suasana nyaman bagi orang berjalan dan juga mendukung prinsip transportasi untuk kota berkelanjutan.

--------------------------------------------------------------------------------------

Daftar Pustaka

“Garden City” ecosystem Studies Online. Homepage Online. Available from http://www.es.a.u-tokyo.ac.jp/lep/thesis/98D_murakami-e.html ; Internet; accessed 4 juni 2011

“Garden City” Rickmansworthherts Online. Homepage Online. Available from http://www.rickmansworthherts.freeserve.co.uk/howard1.htm; Internet; accessed 5 juni 2011

“Garden City” Letchworth Garden City Online. Homepage Online. Available from http://lgc.amolad.net/heritage/index-3.htm; Internet; accessed 5 juni 2011

“Letchworth Garden City”, University of Marylands Online. Homepage Online. Available from http://www.lib.umd.edu/NTL/gardencities.html; Internet; accessed 5 juni 2011